perhitungan damage dan optimasi grid [part 1]
dari gambar diatas, bisa dilihat kotak merah menunjukkan total serangan dasar yang karakter utama miliki, angka ini didapat dari jumlah total status karakter, senjata, dan summon. kotak hijau muda di sebelah kiri menunjukkan estimasi serangan yang akan diterima musuh selain elemen api, sedangkan kotak hijau di sebelah kanan menunjukkan angka yang akan diterima musuh yang memiliki elemen api.
Kita akan cari tahu dari mana angka estimated damage ini berasal.
raw power (serangan dasar) = 11383
skill boost (weapon skill & summon) = 100% = 1 (0% boost = 100%, 20% boost = 120% dst.)
elemental advantage boost = 50% = 0.5 (fire < water < earth < wind < fire), (light >< dark)
monster defense (estimasi atau kira-kira, tergantung musuh) = 10
Estimated DMG = ([raw power] * [skill boost] ) / [monster defense]
Estimated DMG = (11383 * 1) / 10
Estimated DMG = 11383 / 10
Estimated DMG = 1138.3 = 1139 (dibulatkan)
Estimated DMG to Fire = [Estimated DMG] * (1 + [elemental advantage])
Estimated DMG to Fire = 1139 * (1 + 0.5)
Estimated DMG to Fire = 1708.5 = 1709 (dibulatkan)Estimated DMG to Fire = 1139 * (1 + 0.5)
non fire/earth foe
mari kita test pada trial battle ground dengan elemen selain tanah dan api, bisa dilihat angka menunjukkan mendekati estimasi damage, angka dibelakang ditambah atau dikurangi angka random seperti game rpg lainnya.
earth foe
untuk serangan pada elemen yang lebih kuat, kita bisa lihat kira-kira serangan berkurang sekitar 25%.
fire foe
dari ketiga bagian test diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa perhitungan diatas sesuai dengan apa yang akan lihat pada gameplay, hanya saja angka ini bergantung pada defense musuh yang akan dihadapi.
lanjut ke part 2
Komentar
Posting Komentar